materi excel
BAB
1 MICROSOFT EXCEL 2007
Microsoft Excel 2007 adalah sebuah program aplikasi lembar
kerja (spreadsheet). Excel 2007 merupakan bagian dari Microsoft Office
2007, yaitu suatu paket yang terdiri
atas beberapa program, antara lain Excel, Word, Access, PowerPoint, Outlook, Groove,
InfoPath, OneNote, Publisher. Excel merupakan produk unggulan dari Microsoft
Corporation yang banyak berperan dalam pengelolaan informasi khususnya data
berbentuk angka untuk perhitungan, proyeksi, analisis, dan persentasi data.
Untuk membuka Excel, klik tombol Start di lajur taskbar di
bagian bawah layar Windows, lalu klik All Programs. Biasanya Excel tersimpan
dalam folder Microsoft Office. Klik folder
tersebut dan pilih Microsoft Excel 2007. Setelah kita membuka Excel, tampilan
layar monitor akan ditampilkan pada Gambar 1.
Ketika Tombol Office di-klik, tampilan yang dihasilkan
Tombol office merupakan pengganti menu File yang sering
dijumpai dalam Microsoft Excel versi sebelumnya. Tombol ini berisi
perintah-perintah standar untuk mengoperasikan file dokumen, seperti membuka
dokumen, menutup dokumen, dan mencetak dokumen.
- Tab merupakan bagian yang berbentuk tabulasi dan berisi serangkaian group yang memuat beberapa tombol perintah yang relevan.
- Title Bar (lajur judul) tercantum nama program, yaitu nama dokumen atau file yang sedang diproses dan nama aplikasi yaitu Microsoft Excel. Pada awalnya, Excel memberi nama Book1 pada file tersebut, namun kita dapat mengubahnya ke nama lain
- Grup merupakan bagian yang terletak di bawah tab dan berisi sederetan tombol-tombol perintah untuk menjalankan suatu proses tertentu dengan cara mengklik tombol-tombol perintah tersebut.
- Quick Access Toolbar merupakan toolbar yang memiliki keistimewaan khusus dan terletak di bagian sudut kanan atas lembar kerja. Isi tombol-tombol perintah dalam toolbar ini dapat dimodifikasi, sehingga kita dapat menambahkan beberapa tombol perintah yang sering digunakan dalam toolbar ini.
- Tombol Dialog merupakan tombol dengan simbol anak panah yang di bagian kanan nama. Tombol ini berfungsi untuk membuka kotak dialog dengan perintah-perintah yang lebih kompleks dan masing-masing disesuaikan dengan nama toolbarnya.
- Close merupakan tombol yang befungsi untuk menutup dokumen atau keluar dari Microsoft Excel.
- Maximize dan Minimize berfungsi untuk memaksimalkan dan meminimalkan ukuran jendela lembar kerja Microsoft Excel.
- Name Box berfungsi untuk memasukkan alamat sel atau nama dari range yang menunjukkan pada suatu tempat tertentu di lembar kerja. Pemberian nama pada suatu sel atau range tertentu di lembar kerja akan memudahkan dalam operasi matematika atau pembacaan suatu tabel.
- Formula Bar digunakan untuk menampilkan informasi isi sel yang aktif di lembar kerja, untuk memasukkan dan mengubah formula/rumus.
- Scrollbar Vertikal digunakan untuk menggulung layar secara vertical dan Scrollbar Horizontal digunakan untuk menggulung layar secara horizontal.
- Tabulasi sheet merupakan lembar kerja utama dari Microsoft Excel yang digunakan untuk menampung seluruh data dan formula yang akan digunakan sebagai sumber data pembentuk tabel atau laporan.
- Navigasi sheet merupakan sederetan tombol perintah yang berfungsi untuk pindah antar sheet aktif.
- Tombol pengatur tampilan lembar kerja merupakan bagian yang berisi sederetan tombol perintah untuk mengatur tampilan dokumen dalam lembar kerja.
- Zoom level merupakan bagian yang berisi sederetan tombol perintah untuk mengatur ukuran tampilan dokumen dalam lembar kerja.
Lembar kerja atau worksheet
merupakan bagian utama pada layar Excel. Lembar kerja dibagi atas kolom
(colums) dan baris (rows). Office Excel 2007 kini didukung kemampuan dengan
jumlah kolom dan baris yang semakin banyak, yaitu 1.048.576 baris dan 16.384
kolom setiap worksheet. Dengan demikian, kolom terakhir pada worksheet Excel
adalah XFD bukan lagi kolom IV.
Dibanding versi sebelumnya hanya 65.536 baris dan 256 kolom.
Ini berarti penambahan jumlah baris 15,25 kali dan jumlah kolom 62,5 kali. Dari
jumlah sel, maka kemampuan baru Excel 2007 meningkat 1024 kali. Perpotongan
antara kolom dan baris disebut sel dan kumpulan sel disebut range.
File yang dihasilkan dengan suatu program aplikasi disebut
dokumen. Excel akan menghasilkan dokumen
yang disebut buku kerja atau workbook. Suatu buku kerja merupakan kumpulan
lembar kerja. Selain lembar kerja, suatu buku kerja dapat mengandung lembar
grafik.
Ada dua macam data yang dapat dimasukkan ke setiap sel,
yaitu:
Nilai tetap, seperti teks, angka, tanggal, dan waktu. Cara
memasukkan datanya adalah langsung diketik di sel yang diinginkan.
Formula (rumus)
yang digunakan untuk melakukan perhitungan atau operasi lainnya. Cara
memasukkan datanya adalah harus diawali dengan sama dengan “=”, “+” atau “-“.
Data teks dapat mengandung karakter abjad (A, a, B, b, C, c,
D, d,...), angka (1, 2, 3, 4, ...), simbol (!, @, #, $, %, ?,...) dan spasi. Data
angka dapat berlaku sebagai teks jika diawali dengan apostrop (‘). Contohnya
nomor telepon 0251435647. Jika data angka berlaku sebagai teks maka tidak dapat
dilakukan operasi hitung. Perbedaan antara data teks dan data angka adalah
tulisan data teks adalah rata kiri, sedangkan tulisan data angka adalah rata
kanan.
Data angka yang dapat dimasukkan adalah:
Bilangan bulat, misalnya 123.
Bilangan pecahan desimal, misalnya 23.76. Secara default,
simbol desimal harus titik, bukan koma. Simbol desimal dengan titik ini
merupakan format bahasa jika kita menggunakan Bahasa Inggris, tetapi kalo
format bahasa di komputer kita Bahasa Indonesia, maka simbol desimal adalah
koma. Perubahan format bahasa bisa dilakukan melalui Start à
Control Panel à
Regional and Language Options. Pilih format di bagian combo box.
Bilangan pecahan bulat, misalnya 1 1/5. Cara pengetikannya
adalah ketik bilangan bulatnya, lalu tekan spasi, kemudian ketik bilangan
pecahannya. Jika angka itu hanya mengandung pecahan dan tidak ada bilangan bulatnya,
misal 5/6, ketiklah 0, lalu spasi, dan kemudian ketik 5/6 (jadi 0 5/6). Jika langsung diketikkan 5/6, maka
Excel menafsirkan sebagai tanggal 6 Mei.
Bilangan dengan notasi ilmiah, misalnya 3.56E+2 (E+2 berarti
102)
Bilangan negatif diawali dengan lambang minus, misalnya -768
atau ditulis di antara kurung (768).
Kita dapat menampilkan data angka dengan berbagai format,
misalnya dengan mencantumkan lambang mata uang Rp, dalam bentuk persen.
Data angka yang dimasukkan pada lembar kerja dapat
dioperasikan dengan rumus/formula/fungsi. Adapun cara penulisan operator
aritmetika dalam Excel sebagai berikut:
+ :
penjumlahan
- :
pengurangan
* (asterik) :
perkalian
/ (slash) :
pembagian
^ :
pemangkatan
Hirarki operator aritmetika dalam proses perhitungan dimulai
dari ^, *, +, -. Akan tetapi jika perhitungan di dalam tanda kurung (...),
maka Excel akan mendahulukannya.
Data tipe tanggal dan waktu dapat diketikkan dengan tampilan
format yang beragam. Ketika memasukkan suatu tanggal dengan format misalkan 9-5-06,
maka Excel akan mengubah menjadi 9/5/2006 atau 5-Sep-06 atau format lain sesuai
dengan format yang dipilih.
Pemasukkan data di suatu sel dapat diakhiri dengan menekan
Enter atau tombol panah atau tombol PageUp dan PageDown.
Ketiklah lembar kerja seperti Gambar 3. Untuk menampung teks
yang kita tuliskan, kolom-kolom tersebut dapat diperlebar dengan cara menggeser
batas kanan kolom dengan mouse atau mengklik 2x batas kanan kolom yang akan
diperlebar.
Indentasi Teks dalam Sel
Teks dalam sel dapat diindentasi, caranya:
Pilih sel yang berisi teks.
Pilih Tab Home à Formatà
Format Cells atau klik kanan pada area worksheet kemudian pilih Format cells.
Pilih tab Alignment.
Beri tanda (aktifkan) kotak cek Wrap text.
Isikan tingkat indentasi di kotak Indent.
Contoh tampilan indentasi ditampilkan pada Gambar 21.
Cara di atas dapat dilakukan melalui tombol formatting
toolbar
Penggabungan Sel
Penggabungan beberapa sel seperti gambar di bawah dapat
dilakukan dengan cara:
Pilih range yang akan digabung.
Pilih Tab Home à Formatà
Format Cells atau klik kanan pada area worksheet kemudian pilih Format cells.
Pilih tab Alignment.
Beri tanda kotak cek Merge Cells.
Klik OK.
Cara di atas dapat dilakukan dengan memilih range yang akan
digabung dan menekan tombol Merge and Center.
- Alamat relatif berarti alamat sel yang jika disalin menyesuaikan dengan tempat atau lokasi yang baru. Perhitungan yang dijelaskan pada bagian sebelumnya merupakan contoh penggunaan rumus dengan alamat relatif. Ciri alamat relatif adalah ketika rumus di-copy ke bawah atau kanan, rumus yang di-copy-kan mengikuti alamat sel.
- Rumus Dengan Alamat Absolut Alamat absolut berarti sel yang kolom dan barisnya terkunci. Alamat ini ditandai dengan $ pada posisi kolom dan barisnya.
FUNGSI-FUNGSI STATISTIKA
Excel menyediakan fungsi-fungsi yang
sifatnya khusus dan teknis. Penggunaan fungsi di Excel dapat dilihat pada Tab Formulas à Insert Function.
Anda bisa memilih kategori di combo box Select
a Category dan memilih fungsinya di bagian Select a function. Pada subbab ini akan dibahas fungsi statistika,
diantaranya:
- Average
- Fungsi ini untuk menghitung rata-rata suatu data. Contoh
perhitungannya bisa dilihat pada data penjualan alat tulis koperasi SMA
Angkasa. Bentuk umum: =AVERAGE (number1, number2, ...).
- Count
- Fungsi untuk menghitung jumlah data dalam suatu kelompok
data. Bentuk umum: =COUNT(value1,
value2, ...).
- Counta
- Fungsi ini untuk menghitung nilai yang ada
dalam suatu kelompok data. Bentuk umum: =
COUNTA(value1, value2, ...).
- Countblank
- Fungsi ini untuk menghitung nilai yang
kosong pada suatu range data. Bentuk umum: =
COUNTBLANK(range).
- Countif
- Fungsi ini untuk menghitung jumlah data
yang sesuai dengan kriteria tertentu pada suatu kelompok data. Bentuk umum: = COUNTIF(range, kriteria).
Contoh Kasus
Gambar 30 merupakan data karyawan yang mengikuti tes untuk
masuk ke perusahaan Muda Jaya. Lakukan perhitungan untuk menghitung jumlah
pelamar, pelamar yang melampirkan dan tidak melampirkan daftar nilai,
berpendidikan D3 dan S1, serta yang dapat mengikuti tes tahap II dan jumlah
pelamar yang ditolak
FUNGSI-FUNGSI LOGIKA
Fungsi logika yang disediakan Excel diantaranya:
Fungsi ini menentukan suatu tes logika untuk dikerjakan dan mempunyai
bentuk: =IF(tes logika, nilai jika benar, nilai jika salah).
FUNGSI-FUNGSI REFERENSI
Fungsi referensi/pembacaan tabel yang
disediakan Excel diantaranya:
Fungsi VLOOKUP Dan HLOOKUP
Fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP digunakan untuk
membaca suatu tabel. Fungsi VLOOKUP digunakan untuk membaca tabel secara
vertikal, sedangkan HLOOKUP untuk membaca secara horizontal.
Bentuk fungsi VLOOKUP: = VLOOKUP(nilai kunci, tabel pembacaan,
nomor indeks kolom). Nilai kunci berarti nilai yang harus dicari pada kolom pertama tabel, nomor indeks
kolom adalah nomor kolom pada baris
tempat nilai kunci ditemukan.
Bentuk fungsi HLOOKUP: = HLOOKUP(nilai kunci, tabel pembacaan,
nomor indeks baris). Nilai kunci berarti nilai yang harus dicari pada baris pertama tabel, nomor indeks baris
adalah nomor baris pada kolom tempat nilai kunci ditemukan.
FUNGSI-FUNGSI FINANSIAL
Fungsi FV
Fungsi FV atau singkatan Future Value digunakan untuk mencari
nilai uang pada masa yang akan datang. Bentuk umum fungsi FV: =FV(rate,nper,pmt,pv,type) yang
berarti: =FV(tingkat bunga, periode,
anuitas, nilai sekarang, tipe pembayaran).
Contoh kasus tanpa menggunakan fungsi FV
Pada tanggal 1 Januari 2004, Hanif
menyimpan uang Rp. 1.200.000,- di bank dengan bunga 12 % per tahun. Bunga
ditambahkan setiap tiga bulan. Berapa uang yang diterima Hanif setelah dua
tahun?
Penyelesaian sebelum menggunakan
fungsi financial ditampilkan pada Gambar 42:
§
Bunga
per tahun = 12 %, maka bunga per periode (tiga bulan) = 3 %.
§
Penyimpanan
uang selama dua tahun berarti seluruhnya ada delapan periode penambahan bunga
(24 bulan: 3 bulan).
Pehitungan saldo akhir
sebelum menggunakan fungsi finansial.
§ Masukkan rumus sebagai berikut:
o
Sel
C5: =B5 + $B$2
o
Sel
D5: =B5 + C5
o
Sel
B6: = D5
§
Saldo
akhir yang diterima Hanif pada akhir periode Rp. 1.520.124,-. Ini merupakan
nilai kemudian (FV) dari investasi yang Hanif yang nilai sekarangnya (present value atau PV), yaitu nilai pada
saat Hanif membayar invenstasi itu, sebesar Rp. 1.200.000,-.
Penyelesaian menggunakan fungsi FV
§
Kasus
sama dengan yang sebelumnya.
§ Kita tidak perlu menggunakan tabel seperti
di atas, kita dapat menggunakan fungsi FV, yaitu: =FV(tingkat bunga, periode,
anuitas, nilai sekarang, tipe pembayaran), dengan:
o
Tingkat
bunga (i) = 3 % atau 0.03
o
Periode
=8
o
Anuitas.
Karena pembayaran sebesar Rp.1.200.000,- hanya terjadi sekali saja selama
periode menabung, maka tidak ada anuitas. Karena itu dianggap 0.
o
Nilai
sekarang. Karena pada awalnya Hanif menabung Rp. 1.200.000,- maka ditulis -1200000. Nilai – (negatif) terjadi
karena Hanif mengeluarkan uang.
o
Tipe
pembayaran. Excel menentukan dua jenis pembayaran:
v 1, jika pembayaran dilakukan di awal periode
v 0, jika pembayaran dilakukan di akhir
periode
Perlu diperhatikan, penulisan tipe pembayaran tidak diharuskan, dengan
catatan jika tidak diisi, maka tipe pembayaran dianggap dilakukan pada akhir
periode atau 0. Dalam kasus ini, karena
pembayaran dimulai pada awal Januari, maka tipe yang tepat adalah 1.
o
Secara
lengkap fungsi FV untuk kasus ini adalah: =FV(0.03,8,0,-1200000,1)
Perhatikan:
Dalam menulis bunga dan
periode harus konsisten. Jika kita menggunakan tahun sebagai periode, bunga
juga harus bunga per tahun.
Latihan Soal
1.
Jika
Andi pada tanggal 1 Januari 2001 menabung uangnya sebesar Rp. 5.000.000,- di
bank dengan bunga 35 % per tahun, berapa jumlah tabungannya pada 1 Januari
2004?
2.
Pada
1 Januari 2002, Sharly mempunyai tabungan sebesar Rp. 1.250.000,- di bank.
Karena ingin membeli sepeda motor, Sharly menyisihkan gajinya sebesar
Rp.500.000,- untuk ditambahkan pada tabungannya. Dengan tingkat bunga 30 %
setahun, berapakah nilai tabungan Sharly pada awal tahun 2003?
1.1.1
Fungsi PV
Fungsi PV atau singkatan Present Value digunakan untuk mencari
nilai uang pada saat ini dengan memperhitungkan berbagai kemungkinannya pada
masa mendatang. Bentuk umum fungsi PV: =PV(rate,nper,pmt,fv,type)
yang berarti: =FV(tingkat bunga,
periode, anuitas, nilai mendatang, tipe pembayaran).
Contoh Kasus:
Pak Samsul berharap mendapatkan uang
sejumlah Rp. 10.000.000,- pada tanggal 1 Januari tahun 2011 untuk menyekolahkan
anaknya. Jika bunga tabungan di bank saat ini adalah 30 % per tahun, berapa
jumlah uang yang harus ditabung Pak Samsul saat Januari 2006?
Penyelesaian:
§
Tingkat
bunga (i) = 30%
§
Periode.
Karena dimulai dari tahun 2006 sampai 2011, maka ada 2011-2006 = 5 tahun/ 5
periode.
§
Anuitas
= 0, karena penerimaan sebesar Rp. 10.000.000,- hanya terjadi sekali saja,
yaitu di akhir periode menabung.
§
Nilai
mendatang. Karena pada akhir periode tabungan Pak Samsul akan menerima
Rp.10.000.000,-, maka ditulis +10000000 atau cukup 10000000. Perhatikan nilai +
(positif) terjadi karena Pak Samsul menerima uang.
§
Tipe
pembayaran = 1, karena pembayaran dimulai pada awal Januari.
§
Secara
lengkap fungsi PV untuk kasus di atas adalah: =PV(0.3,5,0,10000000,1).
Latihan Soal
Pak Anwar bermaksud membiayai sekolah
anaknya yang diperkirakan selama 4 tahun dengan menyimpan sejumlah uang di
bank. Tiap akhir bulan Pak Anwar mengambil Rp. 300.000,- untuk dikirim kepada
anaknya. Jika suku bunga tabungan sekarang 40 % per tahun, berapakah uang yang
harus disediakan Pak Anwar saat ini (2006) untuk memenuhi rencana di atas?
Fungsi NPV
Fungsi NPV atau Net Persent Value (nilai tunai bersih) mirip seperti fungsi PV,
perbedaannya NPV digunakan untuk menghitung nilai tunai dari sejumlah arus kas
yang tidak tetap besarnya. Bentuk umum fungsi NPV: =NPV(tingkat bunga,nilai1,nilai2,...).
Contoh kasus
Bu Endang akan melakukan investasi sebesar
Rp. 10.000.000,- pada suatu proyek yang berlangsung selama tiga tahun. Suku
bunga yang berlaku 10 %. Dari proyek tersebut, Bu Endang mengharapkan
penerimaan berikut:
Tahun pertama:Rp. 3.000.000,-
Tahun Kedua: Rp. 4.200.000,-
Tahun Ketiga; Rp. 6.800.000,-
Tentukan apakah proyek itu cukup menarik
dan berapa nilai NPV-nya?
§ Angka 10000000 dimasukkan sebagai bilangan
negatif, karena itu adalah nilai yang dibayarkan.
§
Ketik
di sel B7: =NPV(B1,B3:B6)
§
Tekan
Enter
Suatu proyek menguntungkan jika NPV-nya positif
Fungsi IRR
Fungsi IRR atau Internal Rate of Return digunakan untuk menghitung tingkat bunga
yang menyamakan nilai sekarang investasi dengan nilai sekarang penerimaan kas
bersih (inflow) di masa mendatang.
Bentuk umum fungsi IRR: =IRR(range, perkiraan). Dengan range
menyatakan arus kas. Perkiraan/guess
diisi dengan sembarang nilai antara 0 dan 1.
Fungsi IRR melakukan perhitungan melalui
proses iterasi (mencoba dan mendekati secara berulang). Jika setelah 20 kali
interasi Excel belum memperoleh hasil dengan ketelitian 0.0000001, fungsi itu
memberikan pesan kesalahan #NUM.
Pada contoh kasus Gambar 9.2, masukkan di
sel B1: =IRR(B3:B6,0.1). Kita akan
mendapatkan angka 16 % dan nilai NPV (sel B7) adalah 0. Jadi, dengan bunga 16
%, nilai tunai bersih yang diperoleh 0, tidak untung dan tidak rugi.
Fungsi PMT
Fungsi PMT atau PAYMENT digunakan untuk
mencari jumlah atau nilai anuitas dalam suatu periode pembayaran atau
penerimaan uang. Bentuk umum fungsi PMT: =PMT(rate,nper,pv,fv,type)
yang berarti: =FV(tingkat bunga,
periode, nilai sekarang, nilai mendatang, tipe pembayaran).
Latihan soal
Ibu Dewi ingin menyisihkan bonus
tahunannya selama empat tahun untuk membeli sebuah sepeda motor. Jika bonus
tahunan tersebut mulai ditabung 1 Maret 2006 pada sebuah bank yang memberi
bungan sebesar 30 % per tahun, dan harga sepeda motor pada empat tahun kemudian
adalah Rp. 8.000.000,-, berapa bonus yang harus disisihkan Ibu Dewi selama
empat tahun tersebut?
Fungsi RATE
Fungsi RATE berarti tingkat bunga yang
digunakan untuk mencari tingkat suku bunga dalam suatu periode pembayaran atau
penerimaan uang. Bentuk umum fungsi RATE: =RATE(nper,pmt,pv,fv,type,guess)
yang berarti =RATE(periode, anuitas,
nilai sekarang, nilai mendatang, tipe pembayaran, perkiraan tingkat bunga).
Perkiraan tingkat bunga boleh diisi sembarang angka, misal 0.25/25 % dan
lainnya. Kolom inipun tidak wajib diisi, dengan catatan Excel akan memberi
nilai 0.1 atau 10 % jika kolom ini dibiarkan kosong.
Latihan soal
Vera ingin menabung setiap minggu sebesar
Rp. 10.000,- selama setahun dan berharap terkumpul uang sejumlah Rp.
1.000.000,- pada akhir masa tabungan. Berapakah tingkat bunga yang harus
diberikan kepada Vera untuk memenuhi keinginannya tersebut? (untuk keseragaman,
perkiraan tingkat bunga bisa diisi dengan 0.3).
Fungsi NPER
Fungsi NPER atau Number of Period adalah
jumlah periode dalam suatu pembayaran atau penerimaan uang. Bentuk umum fungsi
NPER: =NPER(rate,pmt,pv,fv,type) yang berarti =NPER(tingkat bunga, anuitas,
nilai sekarang, nilai mendatang, tipe pembayaran).
Latihan soal
Fian ingin melipatgandakan uangnya dari
Rp. 1.000.000,- menjadi Rp. 2.000.000,-. Untuk itu ia menabungkan uang Rp.
1.000.000,- tersebut pada sebuah bank yang memberi suku bunga 30 % per tahun.
Berapa lama uang Fian tersebut akan
menjadi berlipat dua?
Fungsi IPMT Dan PPMT
Kedua fungsi tersebut digunakan untuk
mengetahui pembayaran bunga (IPMT atau Interest
Payment) dan pembayaran
pokok/angsuran (PPMT atau Principal
Payment) dari suatu periode investasi/hutang tertentu. Bentuk umum fungsi
IPMT: =IPMT(rate,per,nper,pv,fv,type)
yang berarti =IPMT(tingkat bunga,
periode bunga, periode, nilai sekarang, nilai mendatang, tipe pembayaran).
Sedangkan bentuk umum fungsi PPMT: =PPMT(rate,per,nper,pv,fv,type)
(rumus PPMT hampir sama dengan IPMT).
Latihan soal
Rina meminjam uang pada bank sebanyak Rp. 10.000.000,- dengan bunga
pinjaman sebesar 35 % per tahun.
Pinjaman tersebut akan dilunasi Rina dalam jangka waktu 15 tahun. Rina ingin
mengetahui:
a. Berapa bunga dan pokok pinjaman yang harus
dibayar pada bulan pertama?
b.
Berapa
bunga dan pokok pinjaman yang harus dibayar pada bulan ke-160?
Fungsi Finansial Depresiasi
Depresiasi atau penyusutan merupakan
proses pengalokasian harga perolehan aktiva tetap menjadi biaya selama masa
manfaat dengan cara yang rasional dan sistematis. Aktiva tetap seperti mesin
dan perkakas (kecuali tanah) akan menurun
nilainya dengan berjalannya waktu.
Untuk menetapkan nilai penyusutan (depreciation),
kita harus menentukan:
§
Harga
perolehan (cost) aktiva tersebut.
§
Masa
manfaat (life).
§
Nilai
sisa (salvage), yaitu nilai aktiva
pada akhir tempo.
Excel menyediakan fungsi untuk menghitung
nilai penyusutan. Terdapat tiga cara yang dapat digunakan, yaitu:
§
Metode
garis lurus (straight-line-method).
§
Metode
saldo menurun ganda (double-declining
balance method).
§
Metode
jumlah angka tahunan (sum-of-the-year’s
digit method).
Fungsi SLN
Fungsi ini menghitung nilai penyusutan
berdasarkan metode garis lurus. Dengan cara ini penyusutan dibagi merata
sepanjang umur alat itu dipakai. Bentuk
umum fungsi SLN: =SLN(cost,salvage,life).
Contoh Kasus
Sebuah perusahaan mempunyai aktiva dengan harga
perolehan (harga beli + biaya-biaya) senilai Rp. 90.000.000, taksiran nilai
sisa Rp. 30.000.000, dan masa manfaat ditetapkan selama lima tahun. Hitung
besar depresiasi per tahun dan susun tabel depresiasi seperti berikut:
Penyelesaian:
§ Isikan nilai di sel B9 dengan menggunakan
fungsi SLN
§ Sel E14 = B$5-D14
§ Sel B15 = B$9
§ Sel C15 =B15
§ Sel D15 = SUM(C$14:C15)
§ Kopikan rumus/formula ke bawah
§
Hasil
akhir (sel E19) = 30000000
Fungsi
DDB
Fungsi ini menghitung nilai penyusutan
pada suatu waktu tertentu. Metode yang digunakan adalah saldo menurun ganda.
Dengan cara ini, penyusutan tidak merata setiap tahun. Penyusutan lebih besar
di awal pemakaian dibandingkan pada akhirnya. Bentuk umum fungsi DDB: =(cost,salvage,life,period) yang
berarti =DDB(harga perolehan, nilai
sisa, masa manfaat, periode).
Contoh Kasus
Sebuah perusahaan mempunyai aktiva dengan
harga perolehan (harga beli + biaya-biaya) senilai Rp. 15.000.000, taksiran
nilai sisa Rp. 1.500.000, dan masa manfaat ditetapkan selama enam tahun. Hitung
besar penyusutan pada tahun keempat dan buatlah tabel depresiasi seperti berikut:
Penyelesaian (Rumus yang harus dimasukkan):
§ Isikan nilai di sel C5 dengan menggunakan
fungsi DDB
§ Sel B13 = B5
§ Sel C13 =DDB($B$5,$B$6,$B$7,A13)
§ Sel D13 =B13-C13
§ Sel B14 =D13
§ Bandingkan hasil di sel C5 dengan sel C16.
Fungsi
SYD
Fungsi SYD menentukan nilai penyusutan
berdasarkan metode jumlah angka tahunan. Seperti pada metode saldo menurun
ganda, penyusutan akan besar pada awalnya dan menurun kemudia. Bentuk umum
fungsi SYD sama dengan bentuk umum fungsi DDB, yaitu:
=SYD(cost,salvage,life,period).
Validasi Data Pada Database Microsoft Excel
Validasi Data berfungsi untuk mengontrol dan membatasi data pada
sebuah range. Sebagai contoh, sebuah perusahaan mempunyai data penjualan
yang dibuat dalam periode bulanan. Pengisian data pada kolom tanggal diisi
dengan terjadinya transaksi secara lengkap meliputi tanggal, bulan, dan
tahun. Untuk mencegah kekeliruan pengisian tanggal transaksi, dapat
digunakan fasilitas Data-Validation. Gambar di bawah ini menunjukkan input
data hanya untuk pengisian tanggal transaksi antara 1 Maret 2000 sampai
dengan 31 Maret 2000. Untuk pembatasan input data range tersebut digunakan
fasilitas validasi. Anda dapat memberi komentar untuk mengisikan tanggal
dan pesan jika terjadi kesalahan pengisian data.
Penggunaan fasilitas Validasi Data dilakukan dengan
langkah:
2. Pilih dan klik menu Data
Validation.
3. Klik tab Settings pada kotak
Data Validation. Pada bagian Validation Criteria lakukan pemilihan dan
pengisian:
·
Klik drop-down pada pilihan Allow jenis data yang anda masukkan.
· Klik drop-down pada pilihan Data untuk menentukan operator yang akan digunakan sebagai alat validasi pengisian data.
· Isikan data selanjutnya sesuai pada pilihan Data yang telah ditentukan, perhatikan gambar berikut:
· Klik drop-down pada pilihan Data untuk menentukan operator yang akan digunakan sebagai alat validasi pengisian data.
· Isikan data selanjutnya sesuai pada pilihan Data yang telah ditentukan, perhatikan gambar berikut:
4. Klik tab Input Message pada kotak dialog Data Validation,
selanjutnya anda dapat mengisi data pada:
·
Klik pada kotak Show input message when is selected, jika anda
menginginkan Excel menampilkan keterangan pada sel yang dipilih.
·
Pada kotak isian Title, ketik judul keterangan pengisian data.
·
Pada kotak isian Input Message, ketik rangkaian kata yang ingin
anda tampilkan. Perhatikan contoh berikut ini.
5. Klik tab Error Alert pada kotak dialog Validation Data,
selanjutnya:
·
Klik pada kotak Show error alert after invalid data is entered,
jika anda menginginkan Excel menampilkan pesan kesalahan.
·
Klik drop-down pada isian Style, pilih gaya tampilan pesan
kesalahan yang diinginkan.
·
Pada kotak isian Title, ketik judul pesan kesalahan yang ingin
ditampilkan.
·
Pada kotak isian Error Message, ketik pesan kesalahan yang
akan ditampilkan.
6. Klik OK, dengan langkah ini validasi data pada suatu kolom
secara otomatis akan diaktifkan.
Kak, ini cara pengerjaannya bagaimana ya ?
BalasHapusFian ingin melipatgandakan uangnya dari Rp. 1.000.000,- menjadi Rp. 2.000.000,-. Untuk itu ia menabungkan uang Rp. 1.000.000,- tersebut pada sebuah bank yang memberi suku bunga 30 % per tahun. Berapa lama uang Fian tersebut akan menjadi berlipat dua?
Apakah PV nya 1000000 dan pmtnya 0 ?
Atau PVnya 1000000 dan pmtnya 1000000 ?
iya
Hapus