materi excel

BAB 1  MICROSOFT EXCEL 2007


Microsoft Excel 2007 adalah sebuah program aplikasi lembar kerja (spreadsheet). Excel 2007 merupakan bagian dari Microsoft Office 2007,  yaitu suatu paket yang terdiri atas beberapa program, antara lain Excel, Word, Access, PowerPoint, Outlook, Groove, InfoPath, OneNote, Publisher. Excel merupakan produk unggulan dari Microsoft Corporation yang banyak berperan dalam pengelolaan informasi khususnya data berbentuk angka untuk perhitungan, proyeksi, analisis, dan persentasi data.

Untuk membuka Excel, klik tombol Start di lajur taskbar di bagian bawah layar Windows, lalu klik All Programs. Biasanya Excel tersimpan dalam folder Microsoft Office. Klik  folder tersebut dan pilih Microsoft Excel 2007. Setelah kita membuka Excel, tampilan layar monitor akan ditampilkan pada Gambar 1.

Ketika Tombol Office di-klik, tampilan yang dihasilkan

Tombol office merupakan pengganti menu File yang sering dijumpai dalam Microsoft Excel versi sebelumnya. Tombol ini berisi perintah-perintah standar untuk mengoperasikan file dokumen, seperti membuka dokumen, menutup dokumen, dan mencetak dokumen.
  1. Tab merupakan bagian yang berbentuk tabulasi dan berisi serangkaian group yang memuat beberapa tombol perintah yang relevan.
  2. Title Bar (lajur judul) tercantum nama program, yaitu nama dokumen atau file yang sedang diproses dan nama aplikasi yaitu Microsoft Excel. Pada awalnya, Excel memberi nama Book1 pada file tersebut, namun kita dapat mengubahnya ke nama lain
  3. Grup merupakan bagian yang terletak  di bawah tab dan berisi sederetan tombol-tombol perintah untuk menjalankan suatu proses tertentu dengan  cara mengklik tombol-tombol perintah tersebut.
  4. Quick Access Toolbar merupakan toolbar yang memiliki keistimewaan khusus dan terletak di bagian sudut kanan atas lembar kerja. Isi tombol-tombol perintah dalam toolbar ini dapat dimodifikasi, sehingga kita dapat menambahkan beberapa tombol perintah yang sering digunakan dalam toolbar ini.
  5. Tombol Dialog merupakan tombol dengan simbol anak panah yang di bagian kanan nama. Tombol ini berfungsi untuk membuka kotak dialog dengan perintah-perintah yang lebih kompleks dan  masing-masing disesuaikan dengan nama toolbarnya.
  6. Close merupakan tombol yang befungsi untuk menutup dokumen atau keluar dari Microsoft Excel.
  7. Maximize dan Minimize berfungsi untuk memaksimalkan dan meminimalkan ukuran jendela lembar kerja Microsoft Excel.
  8. Name Box berfungsi untuk memasukkan alamat sel atau nama dari range yang menunjukkan pada suatu tempat tertentu di lembar kerja. Pemberian nama pada suatu sel atau range tertentu di lembar kerja akan memudahkan dalam operasi matematika atau pembacaan suatu tabel.
  9. Formula Bar digunakan untuk menampilkan informasi isi sel yang aktif di lembar kerja, untuk memasukkan dan mengubah formula/rumus.
  10. Scrollbar Vertikal digunakan untuk menggulung layar secara vertical dan Scrollbar Horizontal digunakan untuk menggulung layar secara horizontal.
  11. Tabulasi sheet merupakan lembar kerja utama dari Microsoft Excel yang digunakan untuk menampung seluruh data dan formula yang akan digunakan sebagai sumber data pembentuk tabel atau laporan.
  12. Navigasi sheet  merupakan sederetan tombol perintah yang berfungsi untuk pindah antar sheet aktif.
  13. Tombol pengatur tampilan lembar kerja merupakan bagian yang berisi sederetan tombol perintah untuk mengatur tampilan dokumen dalam lembar kerja.
  14. Zoom level merupakan bagian yang berisi sederetan tombol perintah untuk mengatur ukuran tampilan dokumen dalam lembar kerja.

Lembar kerja atau worksheet  merupakan bagian utama pada layar Excel. Lembar kerja dibagi atas kolom (colums) dan baris (rows). Office Excel 2007 kini didukung kemampuan dengan jumlah kolom dan baris yang semakin banyak, yaitu 1.048.576 baris dan 16.384 kolom setiap worksheet. Dengan demikian, kolom terakhir pada worksheet Excel adalah XFD bukan lagi kolom IV.
Dibanding versi sebelumnya hanya 65.536 baris dan 256 kolom. Ini berarti penambahan jumlah baris 15,25 kali dan jumlah kolom 62,5 kali. Dari jumlah sel, maka kemampuan baru Excel 2007 meningkat 1024 kali. Perpotongan antara kolom dan baris disebut sel dan kumpulan sel disebut range.
File yang dihasilkan dengan suatu program aplikasi disebut dokumen.  Excel akan menghasilkan dokumen yang disebut buku kerja atau workbook. Suatu buku kerja merupakan kumpulan lembar kerja. Selain lembar kerja, suatu buku kerja dapat mengandung lembar grafik.


Ada dua macam data yang dapat dimasukkan ke setiap sel, yaitu:
Nilai tetap, seperti teks, angka, tanggal, dan waktu. Cara memasukkan datanya adalah langsung diketik di sel yang diinginkan.
   Formula (rumus) yang digunakan untuk melakukan perhitungan atau operasi lainnya. Cara memasukkan datanya adalah harus diawali dengan sama dengan “=”, “+” atau “-“.
Data teks dapat mengandung karakter abjad (A, a, B, b, C, c, D, d,...), angka (1, 2, 3, 4, ...), simbol (!, @, #, $, %, ?,...) dan spasi. Data angka dapat berlaku sebagai teks jika diawali dengan apostrop (‘). Contohnya nomor telepon 0251435647. Jika data angka berlaku sebagai teks maka tidak dapat dilakukan operasi hitung. Perbedaan antara data teks dan data angka adalah tulisan data teks adalah rata kiri, sedangkan tulisan data angka adalah rata kanan.
Data angka yang dapat dimasukkan adalah:
Bilangan bulat, misalnya 123.
Bilangan pecahan desimal, misalnya 23.76. Secara default, simbol desimal harus titik, bukan koma. Simbol desimal dengan titik ini merupakan format bahasa jika kita menggunakan Bahasa Inggris, tetapi kalo format bahasa di komputer kita Bahasa Indonesia, maka simbol desimal adalah koma. Perubahan format bahasa bisa dilakukan melalui Start à Control Panel à Regional and Language Options. Pilih format di bagian combo box.
Bilangan pecahan bulat, misalnya 1 1/5. Cara pengetikannya adalah ketik bilangan bulatnya, lalu tekan spasi, kemudian ketik bilangan pecahannya. Jika angka itu hanya mengandung pecahan dan tidak ada bilangan bulatnya, misal 5/6, ketiklah 0, lalu spasi, dan kemudian ketik 5/6 (jadi  0 5/6). Jika langsung diketikkan 5/6, maka Excel menafsirkan sebagai tanggal 6 Mei.
Bilangan dengan notasi ilmiah, misalnya 3.56E+2 (E+2 berarti 102)
Bilangan negatif diawali dengan lambang minus, misalnya -768 atau ditulis di antara kurung (768).
Kita dapat menampilkan data angka dengan berbagai format, misalnya dengan mencantumkan lambang mata uang Rp, dalam bentuk persen.
Data angka yang dimasukkan pada lembar kerja dapat dioperasikan dengan rumus/formula/fungsi. Adapun cara penulisan operator aritmetika dalam Excel sebagai berikut:
+                      : penjumlahan
-                       : pengurangan
* (asterik)        : perkalian
/ (slash)            : pembagian
^                      : pemangkatan
Hirarki operator aritmetika dalam proses perhitungan dimulai dari ^, *, +, -. Akan tetapi jika perhitungan di dalam tanda kurung (...), maka  Excel akan mendahulukannya.
Data tipe tanggal dan waktu dapat diketikkan dengan tampilan format yang beragam. Ketika memasukkan suatu tanggal dengan format misalkan 9-5-06, maka Excel akan mengubah menjadi 9/5/2006 atau 5-Sep-06 atau format lain sesuai dengan format yang dipilih. 
Pemasukkan data di suatu sel dapat diakhiri dengan menekan Enter atau tombol panah atau tombol PageUp dan PageDown.
Ketiklah lembar kerja seperti Gambar 3. Untuk menampung teks yang kita tuliskan, kolom-kolom tersebut dapat diperlebar dengan cara menggeser batas kanan kolom dengan mouse atau mengklik 2x batas kanan kolom yang akan diperlebar.
Indentasi Teks dalam Sel
Teks dalam sel dapat diindentasi, caranya:
Pilih sel yang berisi teks.
Pilih Tab Home à Formatà Format Cells atau klik kanan pada area worksheet kemudian pilih Format cells.
Pilih tab Alignment.
Beri tanda (aktifkan) kotak cek Wrap text.
Isikan tingkat indentasi di kotak Indent.
Contoh tampilan indentasi ditampilkan pada Gambar 21.
Cara di atas dapat dilakukan melalui tombol formatting toolbar 

Penggabungan Sel
Penggabungan beberapa sel seperti gambar di bawah dapat dilakukan dengan cara:
Pilih range yang akan digabung.
Pilih Tab Home à Formatà Format Cells atau klik kanan pada area worksheet kemudian pilih Format cells.
Pilih tab Alignment.
Beri tanda kotak cek Merge Cells.
Klik OK.
Cara di atas dapat dilakukan dengan memilih range yang akan digabung dan menekan tombol Merge and Center.




  • Alamat relatif  berarti alamat sel yang jika disalin menyesuaikan dengan tempat atau lokasi yang baru. Perhitungan yang dijelaskan pada bagian sebelumnya merupakan contoh penggunaan rumus dengan alamat relatif. Ciri alamat relatif adalah ketika rumus di-copy ke  bawah atau kanan, rumus yang di-copy-kan mengikuti alamat sel.
  • Rumus Dengan Alamat Absolut Alamat absolut berarti sel yang kolom dan barisnya terkunci. Alamat ini ditandai dengan $ pada posisi kolom dan barisnya.

 FUNGSI-FUNGSI STATISTIKA

Excel menyediakan fungsi-fungsi yang sifatnya khusus dan teknis. Penggunaan fungsi di Excel dapat dilihat pada Tab Formulas à Insert Function. Anda bisa memilih kategori di combo box  Select a Category dan memilih fungsinya di bagian Select a function. Pada subbab ini akan dibahas fungsi statistika, diantaranya:

  •  Average 
  • Fungsi ini untuk  menghitung rata-rata suatu data. Contoh perhitungannya bisa dilihat pada data penjualan alat tulis koperasi SMA Angkasa. Bentuk umum: =AVERAGE (number1, number2, ...).
  •   Count
  • Fungsi untuk  menghitung jumlah data dalam suatu kelompok data. Bentuk umum: =COUNT(value1, value2, ...).
  •  Counta
  • Fungsi ini untuk menghitung nilai yang ada dalam suatu kelompok data. Bentuk umum: = COUNTA(value1, value2, ...).
  • Countblank
  • Fungsi ini untuk menghitung nilai yang kosong  pada suatu range data. Bentuk umum: = COUNTBLANK(range).
  •  Countif
  • Fungsi ini untuk menghitung jumlah data yang sesuai dengan kriteria tertentu pada suatu kelompok data. Bentuk umum: = COUNTIF(range, kriteria).

Contoh Kasus
Gambar 30 merupakan data karyawan yang mengikuti tes untuk masuk ke perusahaan Muda Jaya. Lakukan perhitungan untuk menghitung jumlah pelamar, pelamar yang melampirkan dan tidak melampirkan daftar nilai, berpendidikan D3 dan S1, serta yang dapat mengikuti tes tahap II dan jumlah pelamar yang ditolak

FUNGSI-FUNGSI LOGIKA

Fungsi logika yang disediakan Excel diantaranya:

Fungsi ini menentukan suatu tes logika untuk dikerjakan dan mempunyai bentuk: =IF(tes logika, nilai jika benar, nilai jika salah). 

FUNGSI-FUNGSI REFERENSI

Fungsi referensi/pembacaan tabel yang disediakan Excel diantaranya:

  Fungsi VLOOKUP Dan HLOOKUP

Fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP digunakan untuk membaca suatu tabel. Fungsi VLOOKUP digunakan untuk membaca tabel secara vertikal, sedangkan HLOOKUP untuk membaca secara horizontal.
Bentuk fungsi VLOOKUP: = VLOOKUP(nilai kunci, tabel pembacaan, nomor indeks kolom). Nilai kunci berarti nilai yang harus dicari pada kolom pertama tabel, nomor indeks kolom  adalah nomor kolom pada baris tempat nilai kunci ditemukan.
Bentuk fungsi HLOOKUP: = HLOOKUP(nilai kunci, tabel pembacaan, nomor indeks baris). Nilai kunci berarti nilai yang harus dicari pada baris pertama tabel, nomor indeks baris adalah nomor baris pada kolom tempat nilai kunci ditemukan.

FUNGSI-FUNGSI FINANSIAL

Fungsi  FV

Fungsi FV atau singkatan Future Value digunakan untuk mencari nilai uang pada masa yang akan datang. Bentuk umum fungsi FV: =FV(rate,nper,pmt,pv,type) yang berarti: =FV(tingkat bunga, periode, anuitas, nilai sekarang, tipe pembayaran).
Contoh kasus tanpa menggunakan fungsi FV
Pada tanggal 1 Januari 2004, Hanif menyimpan uang Rp. 1.200.000,- di bank dengan bunga 12 % per tahun. Bunga ditambahkan setiap tiga bulan. Berapa uang yang diterima Hanif setelah dua tahun?
Penyelesaian sebelum menggunakan fungsi financial ditampilkan pada Gambar 42:
§  Bunga per tahun = 12 %, maka bunga per periode (tiga bulan) = 3 %.
§  Penyimpanan uang selama dua tahun berarti seluruhnya ada delapan periode penambahan bunga (24 bulan: 3 bulan).

Pehitungan saldo akhir sebelum menggunakan fungsi finansial.
§  Masukkan rumus sebagai berikut:
o   Sel C5: =B5 + $B$2
o   Sel D5: =B5 + C5
o   Sel B6: = D5

§  Saldo akhir yang diterima Hanif pada akhir periode Rp. 1.520.124,-. Ini merupakan nilai kemudian (FV) dari investasi yang Hanif yang nilai sekarangnya (present value atau PV), yaitu nilai pada saat Hanif membayar invenstasi itu, sebesar Rp. 1.200.000,-.

Penyelesaian menggunakan fungsi FV 
§  Kasus sama dengan yang sebelumnya.
§  Kita tidak perlu menggunakan tabel seperti di atas, kita dapat menggunakan fungsi FV, yaitu: =FV(tingkat bunga, periode, anuitas, nilai sekarang, tipe pembayaran), dengan:
o   Tingkat bunga (i) = 3 % atau 0.03
o   Periode =8
o   Anuitas. Karena pembayaran sebesar Rp.1.200.000,- hanya terjadi sekali saja selama periode menabung, maka tidak ada anuitas. Karena itu dianggap 0.
o   Nilai sekarang. Karena pada awalnya Hanif menabung Rp. 1.200.000,- maka  ditulis -1200000. Nilai – (negatif) terjadi karena Hanif mengeluarkan uang.
o   Tipe pembayaran. Excel menentukan dua jenis pembayaran:
v  1, jika pembayaran dilakukan di awal periode
v  0, jika pembayaran dilakukan di akhir periode
      Perlu diperhatikan, penulisan tipe pembayaran tidak diharuskan, dengan catatan jika tidak diisi, maka tipe pembayaran dianggap dilakukan pada akhir periode atau 0. Dalam kasus ini, karena  pembayaran dimulai pada awal Januari, maka tipe yang tepat adalah 1.
o   Secara lengkap fungsi FV untuk kasus ini adalah: =FV(0.03,8,0,-1200000,1)

Perhatikan:
Dalam menulis bunga dan periode harus konsisten. Jika kita menggunakan tahun sebagai periode, bunga juga harus bunga per tahun.

Latihan Soal
1.      Jika Andi pada tanggal 1 Januari 2001 menabung uangnya sebesar Rp. 5.000.000,- di bank dengan bunga 35 % per tahun, berapa jumlah tabungannya pada 1 Januari 2004?
2.      Pada 1 Januari 2002, Sharly mempunyai tabungan sebesar Rp. 1.250.000,- di bank. Karena ingin membeli sepeda motor, Sharly menyisihkan gajinya sebesar Rp.500.000,- untuk ditambahkan pada tabungannya. Dengan tingkat bunga 30 % setahun, berapakah nilai tabungan Sharly pada awal tahun 2003?

1.1.1        Fungsi  PV

Fungsi PV atau singkatan Present Value digunakan untuk mencari nilai uang pada saat ini dengan memperhitungkan berbagai kemungkinannya pada masa mendatang. Bentuk umum fungsi PV: =PV(rate,nper,pmt,fv,type) yang berarti: =FV(tingkat bunga, periode, anuitas, nilai mendatang, tipe pembayaran).
Contoh Kasus:
Pak Samsul berharap mendapatkan uang sejumlah Rp. 10.000.000,- pada tanggal 1 Januari tahun 2011 untuk menyekolahkan anaknya. Jika bunga tabungan di bank saat ini adalah 30 % per tahun, berapa jumlah uang yang harus ditabung Pak Samsul saat Januari 2006?
Penyelesaian:
§  Tingkat bunga (i) = 30%
§  Periode. Karena dimulai dari tahun 2006 sampai 2011, maka ada 2011-2006 = 5 tahun/ 5 periode.
§  Anuitas = 0, karena penerimaan sebesar Rp. 10.000.000,- hanya terjadi sekali saja, yaitu di akhir periode menabung.
§  Nilai mendatang. Karena pada akhir periode tabungan Pak Samsul akan menerima Rp.10.000.000,-, maka ditulis +10000000 atau cukup 10000000. Perhatikan nilai + (positif) terjadi karena Pak Samsul menerima uang.
§  Tipe pembayaran = 1, karena pembayaran dimulai pada awal Januari.
§  Secara lengkap fungsi PV untuk kasus di atas adalah: =PV(0.3,5,0,10000000,1).
Latihan Soal
Pak Anwar bermaksud membiayai sekolah anaknya yang diperkirakan selama 4 tahun dengan menyimpan sejumlah uang di bank. Tiap akhir bulan Pak Anwar mengambil Rp. 300.000,- untuk dikirim kepada anaknya. Jika suku bunga tabungan sekarang 40 % per tahun, berapakah uang yang harus disediakan Pak Anwar saat ini (2006) untuk memenuhi rencana di atas?

Fungsi  NPV

Fungsi NPV atau Net Persent Value (nilai tunai bersih) mirip seperti fungsi PV, perbedaannya NPV digunakan untuk menghitung nilai tunai dari sejumlah arus kas yang tidak tetap besarnya. Bentuk umum fungsi NPV: =NPV(tingkat bunga,nilai1,nilai2,...).

Contoh kasus
Bu Endang akan melakukan investasi sebesar Rp. 10.000.000,- pada suatu proyek yang berlangsung selama tiga tahun. Suku bunga yang berlaku 10 %. Dari proyek tersebut, Bu Endang mengharapkan penerimaan berikut:
Tahun pertama:Rp. 3.000.000,-
Tahun Kedua: Rp. 4.200.000,-
Tahun Ketiga; Rp. 6.800.000,-
Tentukan apakah proyek itu cukup menarik dan berapa nilai NPV-nya?

§  Angka 10000000 dimasukkan sebagai bilangan negatif, karena itu adalah nilai yang dibayarkan.
§  Ketik di sel B7: =NPV(B1,B3:B6)
§  Tekan Enter
Suatu proyek menguntungkan jika NPV-nya positif

 Fungsi  IRR

Fungsi IRR atau Internal Rate of Return digunakan untuk menghitung tingkat bunga yang menyamakan nilai sekarang investasi dengan nilai sekarang penerimaan kas bersih (inflow) di masa mendatang. Bentuk umum fungsi  IRR: =IRR(range, perkiraan). Dengan range menyatakan arus kas. Perkiraan/guess diisi dengan sembarang nilai antara 0 dan 1.
Fungsi IRR melakukan perhitungan melalui proses iterasi (mencoba dan mendekati secara berulang). Jika setelah 20 kali interasi Excel belum memperoleh hasil dengan ketelitian 0.0000001, fungsi itu memberikan pesan kesalahan #NUM.
Pada contoh kasus Gambar 9.2, masukkan di sel B1: =IRR(B3:B6,0.1). Kita akan mendapatkan angka 16 % dan nilai NPV (sel B7) adalah 0. Jadi, dengan bunga 16 %, nilai tunai bersih yang diperoleh 0, tidak untung dan tidak rugi.

Fungsi  PMT

Fungsi PMT atau PAYMENT digunakan untuk mencari jumlah atau nilai anuitas dalam suatu periode pembayaran atau penerimaan uang. Bentuk umum fungsi PMT: =PMT(rate,nper,pv,fv,type) yang berarti: =FV(tingkat bunga, periode, nilai sekarang, nilai mendatang, tipe pembayaran).
Latihan soal
Ibu Dewi ingin menyisihkan bonus tahunannya selama empat tahun untuk membeli sebuah sepeda motor. Jika bonus tahunan tersebut mulai ditabung 1 Maret 2006 pada sebuah bank yang memberi bungan sebesar 30 % per tahun, dan harga sepeda motor pada empat tahun kemudian adalah Rp. 8.000.000,-, berapa bonus yang harus disisihkan Ibu Dewi selama empat tahun tersebut?

Fungsi  RATE

Fungsi RATE berarti tingkat bunga yang digunakan untuk mencari tingkat suku bunga dalam suatu periode pembayaran atau penerimaan uang. Bentuk umum fungsi RATE: =RATE(nper,pmt,pv,fv,type,guess) yang berarti =RATE(periode, anuitas, nilai sekarang, nilai mendatang, tipe pembayaran, perkiraan tingkat bunga). Perkiraan tingkat bunga boleh diisi sembarang angka, misal 0.25/25 % dan lainnya. Kolom inipun tidak wajib diisi, dengan catatan Excel akan memberi nilai 0.1 atau 10 % jika kolom ini dibiarkan kosong.
Latihan soal
Vera ingin menabung setiap minggu sebesar Rp. 10.000,- selama setahun dan berharap terkumpul uang sejumlah Rp. 1.000.000,- pada akhir masa tabungan. Berapakah tingkat bunga yang harus diberikan kepada Vera untuk memenuhi keinginannya tersebut? (untuk keseragaman, perkiraan tingkat bunga bisa diisi dengan 0.3).

Fungsi  NPER

Fungsi NPER atau Number of Period  adalah jumlah periode dalam suatu pembayaran atau penerimaan uang. Bentuk umum fungsi NPER: =NPER(rate,pmt,pv,fv,type) yang berarti =NPER(tingkat bunga, anuitas, nilai sekarang, nilai mendatang, tipe pembayaran).
Latihan soal
Fian ingin melipatgandakan uangnya dari Rp. 1.000.000,- menjadi Rp. 2.000.000,-. Untuk itu ia menabungkan uang Rp. 1.000.000,- tersebut pada sebuah bank yang memberi suku bunga 30 % per tahun. Berapa  lama uang Fian tersebut akan menjadi berlipat dua?

 Fungsi  IPMT Dan PPMT

Kedua fungsi tersebut digunakan untuk mengetahui pembayaran bunga (IPMT atau Interest Payment)  dan pembayaran pokok/angsuran (PPMT atau Principal Payment) dari suatu periode investasi/hutang tertentu. Bentuk umum fungsi IPMT: =IPMT(rate,per,nper,pv,fv,type) yang berarti =IPMT(tingkat bunga, periode bunga, periode, nilai sekarang, nilai mendatang, tipe pembayaran). Sedangkan bentuk umum fungsi PPMT: =PPMT(rate,per,nper,pv,fv,type) (rumus PPMT hampir sama dengan IPMT).
Latihan soal
Rina meminjam uang pada bank sebanyak Rp. 10.000.000,- dengan bunga pinjaman sebesar 35 % per tahun. Pinjaman tersebut akan dilunasi Rina dalam jangka waktu 15 tahun. Rina ingin mengetahui:
a.       Berapa bunga dan pokok pinjaman yang harus dibayar pada bulan pertama?
b.      Berapa bunga dan pokok pinjaman yang harus dibayar pada bulan ke-160?

 Fungsi  Finansial Depresiasi

Depresiasi atau penyusutan merupakan proses pengalokasian harga perolehan aktiva tetap menjadi biaya selama masa manfaat dengan cara yang rasional dan sistematis. Aktiva tetap seperti mesin dan perkakas (kecuali tanah) akan menurun  nilainya  dengan berjalannya waktu. Untuk menetapkan nilai penyusutan (depreciation), kita harus menentukan:
§  Harga perolehan (cost) aktiva tersebut.
§  Masa manfaat (life).
§  Nilai sisa (salvage), yaitu nilai aktiva pada akhir tempo.
Excel menyediakan fungsi untuk menghitung nilai penyusutan. Terdapat tiga cara yang dapat digunakan, yaitu:
§  Metode garis lurus (straight-line-method).
§  Metode saldo menurun ganda (double-declining balance method).
§  Metode jumlah angka tahunan (sum-of-the-year’s digit method).

 Fungsi SLN

Fungsi ini menghitung nilai penyusutan berdasarkan metode garis lurus. Dengan cara ini penyusutan dibagi merata sepanjang umur alat itu dipakai.  Bentuk umum fungsi SLN: =SLN(cost,salvage,life).
Contoh Kasus
Sebuah perusahaan mempunyai aktiva dengan harga perolehan (harga beli + biaya-biaya) senilai Rp. 90.000.000, taksiran nilai sisa Rp. 30.000.000, dan masa manfaat ditetapkan selama lima tahun. Hitung besar depresiasi per tahun dan susun tabel depresiasi seperti berikut:


Penyelesaian:
§  Isikan nilai di sel B9 dengan menggunakan fungsi SLN
§  Sel E14 = B$5-D14
§  Sel B15 = B$9
§  Sel C15 =B15
§  Sel D15 = SUM(C$14:C15)
§  Kopikan rumus/formula ke bawah
§  Hasil akhir (sel E19) = 30000000

Fungsi DDB

Fungsi ini menghitung nilai penyusutan pada suatu waktu tertentu. Metode yang digunakan adalah saldo menurun ganda. Dengan cara ini, penyusutan tidak merata setiap tahun. Penyusutan lebih besar di awal pemakaian dibandingkan pada akhirnya. Bentuk umum fungsi DDB: =(cost,salvage,life,period) yang berarti =DDB(harga perolehan, nilai sisa, masa manfaat, periode).
Contoh Kasus
Sebuah perusahaan mempunyai aktiva dengan harga perolehan (harga beli + biaya-biaya) senilai Rp. 15.000.000, taksiran nilai sisa Rp. 1.500.000, dan masa manfaat ditetapkan selama enam tahun. Hitung besar penyusutan pada tahun keempat dan buatlah tabel depresiasi seperti berikut:

Penyelesaian (Rumus yang harus dimasukkan):
§  Isikan nilai di sel C5 dengan menggunakan fungsi DDB
§  Sel B13 = B5
§  Sel C13 =DDB($B$5,$B$6,$B$7,A13)
§  Sel D13 =B13-C13
§  Sel B14 =D13
§  Bandingkan hasil di sel C5 dengan sel C16.

 Fungsi SYD

Fungsi SYD menentukan nilai penyusutan berdasarkan metode jumlah angka tahunan. Seperti pada metode saldo menurun ganda, penyusutan akan besar pada awalnya dan menurun kemudia. Bentuk umum fungsi SYD sama dengan bentuk umum fungsi DDB, yaitu: =SYD(cost,salvage,life,period).

Validasi Data Pada Database Microsoft Excel

Validasi Data berfungsi untuk mengontrol dan membatasi data pada sebuah range. Sebagai contoh, sebuah perusahaan mempunyai data penjualan yang dibuat dalam periode bulanan. Pengisian data pada kolom tanggal diisi dengan terjadinya transaksi secara lengkap meliputi tanggal, bulan, dan tahun. Untuk mencegah kekeliruan pengisian tanggal transaksi, dapat digunakan fasilitas Data-Validation. Gambar di bawah ini menunjukkan input data hanya untuk pengisian tanggal transaksi antara 1 Maret 2000 sampai dengan 31 Maret 2000. Untuk pembatasan input data range tersebut digunakan fasilitas validasi. Anda dapat memberi komentar untuk mengisikan tanggal dan pesan jika terjadi kesalahan pengisian data.
Penggunaan fasilitas Validasi Data dilakukan dengan langkah: 
1.      Sorot range tempat data yang akan anda kontrol atau batasi pengisian datanya.
2.      Pilih dan klik menu Data  Validation.
3.      Klik tab Settings pada kotak Data Validation. Pada bagian Validation Criteria lakukan pemilihan dan pengisian:
·         Klik drop-down pada pilihan Allow jenis data yang anda masukkan.
·         Klik drop-down pada pilihan Data untuk menentukan operator yang akan  digunakan sebagai alat validasi pengisian data.
·         Isikan data selanjutnya sesuai pada pilihan Data yang telah ditentukan, perhatikan gambar berikut:


4. Klik tab Input Message pada kotak dialog Data Validation, selanjutnya anda dapat mengisi data pada:
·         Klik pada kotak Show input message when is selected, jika anda  menginginkan Excel menampilkan keterangan pada sel yang dipilih.
·         Pada kotak isian Title, ketik judul keterangan pengisian data.
·         Pada kotak isian Input Message, ketik rangkaian kata yang ingin anda  tampilkan. Perhatikan contoh berikut ini.

5. Klik tab Error Alert pada kotak dialog Validation Data, selanjutnya:
·         Klik pada kotak Show error alert after invalid data is entered, jika anda  menginginkan Excel menampilkan pesan kesalahan.
·         Klik drop-down pada isian Style, pilih gaya tampilan pesan kesalahan  yang diinginkan.
·         Pada kotak isian Title, ketik judul pesan kesalahan yang ingin ditampilkan. 
·         Pada kotak isian Error Message, ketik pesan kesalahan yang akan ditampilkan.


6. Klik OK, dengan langkah ini validasi data pada suatu kolom secara otomatis akan diaktifkan. 


Komentar

  1. Kak, ini cara pengerjaannya bagaimana ya ?

    Fian ingin melipatgandakan uangnya dari Rp. 1.000.000,- menjadi Rp. 2.000.000,-. Untuk itu ia menabungkan uang Rp. 1.000.000,- tersebut pada sebuah bank yang memberi suku bunga 30 % per tahun. Berapa lama uang Fian tersebut akan menjadi berlipat dua?


    Apakah PV nya 1000000 dan pmtnya 0 ?
    Atau PVnya 1000000 dan pmtnya 1000000 ?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MIT App Inventor